Kelompok Tani Peduli Api Ikut Dilibatkan Cegah Karhutla

By Redaksi 05 Mar 2021, 18:23:23 WIB Riau
Kelompok Tani Peduli Api Ikut Dilibatkan Cegah Karhutla

Keterangan Gambar : Asisten Satu Setda Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting di dampingi Kadisbun Riau Zulfadli Pada Rakor Pencegahan Karhutla bersama 100 Perusahaan Perkebunan di Riau (5/03/2021)


Untuk membantu pemerintah dalam melakukan antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tingkat desa, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau turut memberdayakan kelompok tani peduli api (KTPA).

Kadisbun Riau, Zulfadli menjelaskan bahwa pembentukan kelompok tani peduli api merupakan bentuk kerja sama dan partisipasi aktif antara masyarakat kampung sekitar lahan perkebunan perusahaan dan aparat pemerintah kampung.

"Kita di Perkebunan (Disbun) memiliki kelompok tani peduli api di desa-desa. Ada sekitar seratus orang lebih. Mereka ini ikut membantu kita juga dalam melakukan antisipasi dan pencegahan kebakaran di wilayah tempat tinggal mereka," kata Zulfadli di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jumat (5/3/2021).

Ia juga menyadari, bahwa KTPA tidak bisa bekerja sendiri dan masih mengalami keterbatasan prasana. Sehingga ia pun berharap perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat dapat membantu sarana dan prasarana untuk KTPA di desa mitra kerjanya.

"Bantuan dari perusahaan itu kan bisa melalui kegiatan CSR maupun kegiatan sosial lainnya," jelasnya. 


Sumber : Media Center Riau. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment