Webinar KPC PEN Bahas BSU Bagi Pekerja Di Masa Pandemi
Advertorial

By Redaksi 17 Nov 2020, 12:34:46 WIB Riau
Webinar KPC PEN Bahas BSU Bagi Pekerja Di Masa Pandemi

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Bersama Pakar Dari Universitas Riau Alvi Purwanti


PEKANBARU - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, menghadirkan webinar Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP PEN) yang membahas terkait bantuan upah subsidi (BSU) bagi pekerja di masa pandemi Covid19.

 

Kegiatan yang bertujuan membangun kepercayaan partisipasi publik untuk bersama mewujudkan ekonomi bangkit di Indonesia khususnya di Provinsi Riau ini menghadirkan dua orang pemateri yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Riau dan seorang pakar dari Universitas Riau Dr. Alvi Purwanti.

 

Bantuan Upah Subsidi atau BSU sendiri merupakan program unggulan pemerintah yang dilakukan untuk mendorong perekonomian dalam negeri menjadi bergelora meskipun dalam situasi sulit. Melalui program ini juga, pemerintah optimis bisa membangkitkan ekonomi masyarakat.

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Riau 

Rahima Erna menyampaikan, BSU ini berkaitan dengan bagaimana manfaatnya bukan untuk konsumtif tapi melihat dari aspek lainnya. Dimana, BSU tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama kaum wanita untuk menghasilkan produk unggulan yang menjadi sumber penghasilan.

 

"Tentunya literasi sebagai inklusi sosial bisa dimanfaatkan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan sejahtera," ujarnya di Ruangan Riau Command Center (RCC), Senin (16/11/20).

 

Kadis Dispersip Riau ini mengatakan, dirinya banyak melihat wanita yang bekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga, karena adanya pandemi semua berubah dan menjadi banyak yang dirumahkan.

 

"Untuk itu perpustakaan hadir sebagai inklusi sosial yang menghadirkan berbagai program salah satunya mendorong UMKM," sebutnya.

 

Ia menambahkan, latar belakang munculnya BSU karena adanya situasi darurat dalam pemerintahan yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Untuk itu pemerintah hadir untuk mengendalikan perekonomian negara.

 

Rahima Erna menjelaskan, BSU harus direalisasikan 100 persen sesegera mungkin, untuk membantu perekonomian masyarakat. Disamping itu juga, pentingnya edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan Bantuan Subsidi Upah atau BSU dengan sebaik mungkin.

 

Ia berharap, melalui BSU akan membangkitkan ekonomi masyarakat, mensejahterakan kehidupan rakyat sehingga meminimalisir angka kemiskinan meskipun berada pada situasi sulit.

 

"Sudah ada UU mengatur tentang ketenagakerjaan. Kita harapkan BSU ini betul-betul bermanfaat," tuturnya.

 

RNO, Editor: Syah. 

www.probisone.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment